Pembuka

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa seorang broker properti itu seperti calo yang menjual produk properti. Namun menurut Presiden Direktur Keller Wiliams Realty Indonesia (KWRI) Tony Eddy, seorang broker properti itu sebenarnya menjual jasa dengan menjembatani antara penjual dan pembeli properti, serta bersangkutan dengan peraturan, legalitas hukum, dan lain-lain.

Makanya, menjadi broker atau agen properti itu tidak mudah. Mereka harus menguasai beberapa pengetahuan dasar tentang properti.
“Salah satu komponen dalam properti adalah harga. Harga properti terbagi dalam lima cabang ilmu. Lima cabang itu saling bersangkutan menentukan harga properti,”

 

Baca juga : 9 Istilah dalam Properti yang Perlu untuk Anda Ketahui

 

Lalu apa saja 5 dasar Ilmu tersebut ? Berikut diantaranya

 

5 Ilmu Dasar menjadi Broker Properti

By : wealthmasteryacademy.com

 

1.Real estate finance atau cara pembiayaan

llmu ini berkaitan dengan berbagai pembiayaan real estate, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

2.Real estate investment

Ilmu yang berkaitan dengan keuntungan seseorang yang berinvestasi di properti. Jadi sudah harus diperhitungan soal keuntungan kedepannya saat membeli suatu properti.

3.Property appraisal

Ilmu tentang menilai harga properti yang masuk akal atau tidak. Misalnya, apakah terlalu tinggi dari harga pasar.

4.Real estate tax and law

Ilmu tentang permasalahan hukum dan pajak. Contoh paling sederhana ialah mengetahui jenis-jenis sertifikat, karena biasanya beda jenis sertifikat, harganya pun berbeda.

4.Real estate tax and law

Ilmu tentang permasalahan hukum dan pajak. Contoh paling sederhana ialah mengetahui jenis-jenis sertifikat, karena biasanya beda jenis sertifikat, harganya pun berbeda.

Baca juga : Ini 5 Keuntungan Investasi Properti

Penutup

Selain kelima ilmu dasar tersebut, ada juga ilmu soal real estate marketing yang kemudian harus dikuasai oleh broker properti. “Belum nanti ada lagi real estate marketing. Tapi setidaknya lima ilmu dasar itu harus dikuasai oleh orang yang mengaku dirinya sebagai konsultan properti

0 Komentar